Cara Mudah Belajar Jaringan Komputer dengan Packet Tracer

Yup ketemu lagi dengan gw, pada kesempatan kali ini gw akan sedikit membahas cara muda belajar jaringan komputer + murah tanpa biaya yang terlalu mahal, ehm kira-kira bagaimana caranya yach…???

untuk permulaan ga ada salahnya kan kalo kita membahas sedikit tentang teori jaringan..

pertama apa sich yang di maksud dengan jaringan komputer itu?

menurut wikipedia, Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Tujuan dari jaringan komputer adalah:

  • Membagi sumber daya: contohnya berbagi pemakaian printer, CPU, memori, harddisk
  • Komunikasi: contohnya surat elektronik, instant messaging, chatting
  • Akses informasi: contohnya web browsing

bagaimana cara mengkonfigurasi jaringan komputer agar dapat saling berkomunikasi?

untuk menjawab pertanyaan ini, setidaknya anda harus mengenal konsep dasar tentang TCP/IP,

berikut adalah contoh sedarhana konfigurasi peer to peer
komputer A
ipaddress = 192.168.0.1
subnet mask = 255.255.255.0
gateway = 192.168.0.1

komputer B
ipaddress = 192.168.0.2
subnet mask = 255.255.255.0
gateway = 192.168.0.1

ok untuk mempraktekannya langsung aja kita buka program packet tracer (network simulator), lho? lho? lho? kok di suruh buka program kenapa ga langsung aja kita praktekan pakek 2 komputer yang udah ada, di sinilah kelebihan dari program tersebut, kita ga perlu menggunakan lebih dari satu komputer untuk belajar jaringan komputer cukup dengan program network simulator saja udah sedikit hemat biaya tapi dengan hasil yang hampir sama dengan kenyatannya, ok sekarang kita mulai prakteknya

di harapkan program packet tracer sudah terinstall, bagi yang belum menginstall di persilakan untuk menginstallnya

untuk menambahkan sebuah komputer pilih gambar end device, pilih komputer kemudian klik pada lembar kerja

untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer yang laen pilih connection kemudian pilih automatically connection type,

kemudian susun seperti gambar di bawah

untuk mengatur ip silahkan klik satu kali pada gambar komputer, kemudian muncul menu pengaturan, pilihtabs desktop kemudian pilih ip configuration, set ke tipe static, kemudian atur ipnya

lakukan hal yang sama pada komputer satunya namun dengan ip berbeda.

untuk mengecek apakah konfigurasi kita sudah benar klik kompter satu kali pilih tabs desktop kemudian pilih menu terminal atau command prompt, laukan ping

jika tidak berhasil coba di cek apakah ip sudah benar, jika berhasil tampilan di atas akan di dapat.

ehm sekian dulu dari gw, moga bermanfaat

Kurang Puas?? sama penjelasan di atas… Ney ane kasih link download modul  tentang Packet Tracer…

DOWNLOAD

NB :

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Tugas Pak Welly. Tandai permalink.

11 Balasan ke Cara Mudah Belajar Jaringan Komputer dengan Packet Tracer

  1. Ping-balik: Cara Mudah Belajar Jaringan Komputer dengan Packet Tracer « mubarokujang

  2. yanuarinet berkata:

    terima kasih infonya

  3. awandragon berkata:

    ijin download ya gan

  4. samsul berkata:

    ane download ya gan modul ya homon di izin kan

  5. samsul berkata:

    ane download ya gan modul ya mohon di izin kan

  6. rizkal bireuen berkata:

    saya pernah di matikan lettop lewt jaringan sama orng lain??ko bisa gtu yaaa???tolong ajarin saya cara mengatasinyaaa kak dhimas???saya orngnya emag gak bisa apa,cuma yg saya tau maen poker saja.sampai2 chip saya pun hilang.mkanya saya mau belajar sistim jaringan.bls ya kk??

  7. rizkal bireuen berkata:

    gambaran dia di ats kok gk muncul???cara kerja nyaaa ka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s